Tuesday, August 22, 2017

Kue Rangi


Akhir pekan kemarin, saat bersepeda ke Bintaro, saya bertemu dengan seorang teman yang sudah lama tidak saya jumpai. Mungkin sudah sepuluh tahun kami tak bertemu sejak saya merantau ke Sulawesi. Sambil menunggu kue rangi yang saya pesan dari penjual di pinggir jalan itu masak, saya berbincang cukup lama dengannya yang ketika saya temui sedang menenteng tabung gas berwarna hijau itu.

"Keliatannya sibuk banget, pak?" tanya saya.

"Yah, alhamdulillah, Nuk. Ini, "katanya sambil menunjukkan tabung gas yang dibawanya, "buat bantu-bantu istri yang jualan gorengan."

"Iya, tadi saya liat rame juga warung sampeyan, pak."

"Alhamdulillah, Nuk."

Dan berceritalah ia tentang dagangan istrinya yang ramai pembeli, pesanan-pesanan yang tak kunjung habis, usaha dagang bajunya yang lumayan berkembang, termasuk juga tentang ketiga anaknya yang semuanya merantau di Gontor. Anak tertuanya kuliah di sana, sementara dua lainnya masih SMA dan SMP di tempat yang sama.

"Capek sebenernya saya ini, Nuk. Mana udah tua begini. Tapi mau nggak mau saya harus kerja keras supaya anak-anak bisa sekolah."

Saya mengamati wajahnya yang tampak jauh lebih tua jika dibandingkan dengan wajahnya sepuluh tahun yang lalu, juga entah berapa banyak uban yang kini mengganti warna rambut hitamnya menjadi sewarna perak.

"Yang penting masih diberikan kesehatan, pak."

"Alhamdulillah, Nuk. Selama ini sih sehat-sehat aja. Ya, kalo masuk angin sedikit wajarlah. Namanya juga sudah tua."

Ia terkekeh. Rangi pesanan saya sudah matang. Penjualnya yang masih muda itu mengantarkan sekantong plastik kecil berisi empat buah kue rangi panas sembari menyerahkan uang kembalian.

"Tapi bisa jadi, Nuk," lanjutnya sembari memerhatikan saya yang sedang mengigit kue rangi, "banyaknya orderan dan kelancaran rezeki, termasuk juga kesehatan, yang saya nikmati saat ini adalah anugerah yang Allah titipkan untuk anak-anak melalui kita sebagai perantaranya. Jadi, yah, walaupun rasanya capek, selama masih dikasih kemampuan dan kesehatan sama Allah, dijalani saja."

Saya terdiam menyimak kata-katanya barusan. Sementara itu, gula merah di kue rangi yang saya pegang mulai mencair sedikit demi sedikit. Hari sudah beranjak siang dan kue rangi yang manis itu membuat saya merasa sedikit haus. [pedestrianisme]


Juli 2017

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.